Senin, 02 Mei 2011

Banjir Tunda Penanaman Padi



KAYUAGUNG - Areal persawahan yang terdapat di Kelurahan Mangunjaya, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), terendam banjir.
Sulaiman warga setempat kepada Koran ini, kemarin (2/5) menuturkan, penyebab banjir di areal persawahan warga tersebut disebabkan guyuran hujan beberapa hari terakhir. Areal persawahan warga yang terletak di Desa Mangunjaya ini adalah areal persawahan milik pribadi warga setempat. Namun, areal persawahan yang ada tersebut biasanya digunakan warga lain dengan menggunakan sistem sewa.
“Areal ini biasanya digunakan pada musim tanam, banyak warga yang ada di desa ini yang melakukan penanaman padi,” jelasnya.
Sulaiman menambahkan, bila tidak terendam banjir, para pengendara kenderaan roda dua, biasanya melewati jalan areal persawahan ini. “Jalan ini merupakan jalan alternatif untuk menuju ke kantor Lurah Mangunjaya,” ungkapnya.
Sulaiman juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI melalui dinas terkait agar dapat membangun pengedaman yang ada di areal tersebut. Sebab, bila di areal persawahan ini terdapat pengedaman maka areal persawahan ini tidak terendam banjir.
“Selama ini sudah ada tempat pengedaman, tetapi masih sedikit. Bila ada pembangunan pengedaman maka para pengendara kenderaan bermotor dapat menggunakan jalan ini sebagai jalan alternatif,” urainya.
Sulaiman mengungkapkan, untung saja pada saat areal persawahan ini terendam banjir para warga tidak melakukan penanaman padi. “Jadi warga yang ingin menanam padi biasanya setelah airnya surut,” jelasnya sembari mengatakan, biasanya air yang ada di areal persawahan tersebut surut setelah  dua atau tiga bulan mendatang.
Berdasarkan pantauan Koran ini kemarin, ketinggian air di areal persawahan tersebut diperkirakan mencapai 1 meter lebih. Para warga sekitar, memanfaatkan banjir di areal persawahan ini dengan mencari ikan dengan menggunakan tangkul.
Sementara para pengendara bermotor terpaksa harus berbalik arah dari jalan areal persawahan, saat melihat kondisi tersebut terendam banjir. (ban)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar