Senin, 27 Februari 2012

Angkutan Penumpang Bakal Diseragamkan

KAYUAGUNG – Angkutan penumpang di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) rencananya bakal diseragamkan. Hal ini dikarenakan sangat minimnya jumlah angkutan penumpang resmi yang beroperasi di wilayah Bumi Bende Seguguk, sementara di sisi lain taksi gelap marak beroperasi.
          Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) OKI, Drs H Asnawi P Ratu, walaupun saat ini angkutan penumpang baik berplat kuning maupun berplat hitam sudah tertib masuk ke dalam Terminal Kayuagung, namun perbedaan warna plat dan angkutannya masih dirasa kurang enak dipandang.
          Hal ini membuat pihaknya berencana bakal menyeragamkan semua angkutan penumpang, baik dari segi plat, maupun warna dan jenis mobil angkutan tersebut. “Rencana penyeragaman jenis angkutan ini segera kita usulkan ke Perusahaan Daerah Bende Seguguk. Disini pemerintah akan menyediakan angkutannya, sementara para sopir nantinya akan membayarnya secara kredit,” kata Asnawi ketika ditemui di ruang kerjanya kemarin (27/2).
          Rencana ini, kata Asnawi, dirasakan sangat baik sebagai solusi penertiban maraknya taksi gelap dan juga keseragaman angkutan di wilayah Kabupaten OKI. “Jadi nantinya, kalau taksi plat kuning banyak beroperasi, maka yang berplat hitam ini bisa kita tindak jika tetap beroperasi. Tapi kalau mau tetap beroperasi maka harus menghitamkan plat kendaraannya,” jelasnya.
          Saat ini, lanjut dia, kesadaran para pemilik angkutan penumpang untuk mengubah platnya menjadi kuning sangat minim, berbagai alasan kerap dilontarkan para sopir guna menghindari kendaraannya diubah. “Jadi solusi inilah yang diyakini mampu menciptakan tertibnya angkutan penumpang di wilayah OKI,” tegasnya.
          Tentunya, sambung dia, dalam proses penyeleksian sopir yang bakal mendapatkan angkutan baru dari pemerintah harus benar-benar ketat, dimana harus ada pernyataan tertulis yang dilengkapi surat keterangan dari kepala desa maupun lurah dimana sopir ini tinggal menetap. “Kita sedang susun usulannya dan dalam waktu dekat akan kita ajukan ke bapak Bupati OKI,” tandasnya. (to)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar