Minggu, 08 Januari 2012

Tugumulyo Berkembang Pesat




LEMPUING – Sebagai wilayah transmigrasi yang sebagian besar dihuni oleh pendatang dari luar daerah, pertumbuhan wilayah Desa Tugumulyo, Kecamatan Lempuing, Kabupaten OKI tampaknya terus mengalami perkembangan yang cukup pesat, baik jumlah penduduk maupun tata kota tempat aktivitas perekonomian masyarakat setempat.
Salah satu pelaku usaha, Amri (39) kepada Koran ini kemarin (8/1) mengatakan, kemajuan sebuah wilayah dapat diukur dari perkembangan kegiatan perekonomian baik yang diciptakan dari hasil potensi daerah maupun aset yang beragam yang didatangkan dari luar daerah. Dengan semakin berkembangnya penduduk dan semakin variatifnya kebutuhan masyarakat dalam mencukupi kebutuhan primer, sekunder hingga tersiernya, maka perkembangan fasilitas perdagangan dan jasa di wilayah tersebut semakin pesat.
Berkembangnya pusat-pusat perbelanjaan di pinggir Jalan Lintas Timur (Jalintim) saat ini, sangat terlihat dengan semakin maraknya rumah toko dan mini market di Pasar Tugumulyo, untuk itu berbagai pihak yakin kawasan tersebut sangat berpotensi menjadi penopang perekonomian andalan bagi masyarakat sekitar.
Salah satu pemilik ruko di kawasan Pasar Tugumulyo, Sudarman (40) mengatakan, meningkatnya daya beli masyarakat di wilayah tersebut, membuat para investor berlomba untuk menanamkan investasinya dalam segala bidang terutama sektor perdagangan.
“Dulu Tugumulyo merupakan kawasan tertinggal, setelah Jalintim terbuka, maka sedikit demi sedikit kawasan ini mulai berkembang. Dan puncaknya yakni setelah di sekitar wilayah tersebut menjadi areal perkebunan kelapa sawit dan komoditi karet, tingkat kesejahteraan dan daya beli masyarakat juga ikut meningkat sehingga memacu perkembangan wilayah itu,” tandasnya.
Setelah selang beberapa waktu, wilayah yang didominasi oleh warga pendatang asal daerah Pulau Jawa, Bali dan daerah lainnya tersebut, terus berkembang pesat dan kini menjadi salah satu bagian wilayah perdagangan yang berkembang pesat di Bumi Bende Seguguk.
Sudarman menuturkan, Kabupaten OKI memiliki dua daerah kawasan perdagangan yang berpotensi besar dalam perkembangannya, yakni di Kota Kayuagung dan Tugumulyo.
Kedua wilayah tersebut, lanjutnya, mempunyai potensi perkembangan perekonomian yang berbeda, khususnya untuk wilayah Kayuagung, perkembangan perekonomian sektor perdagangan dipacu oleh letaknya yang strategis sebagai ibukota Kabupaten OKI, sehingga pangsa pasar dan daya beli masyarakat  diramaikan oleh para pegawai kantor pemerintahan yang bermukim di daerah tersebut.
Selanjutnya kawasan Pasar Tugumulyo berkembang karena merupakan salah satu kawasan yang betul-betul tercipta sebagai tempat pertemuan yang mendasar dibutuhkan antara para pedagang dan pembeli, sehingga dengan sendirinya kawasan tersebut terus berkembang, hal ini membuat para investor berani menanamkan investasinya, karena dianggap sebagai wilayah yang berpotensi. (dri)


1 komentar:

  1. kayaknya foto itu ada digaleri panoramio saya...
    boleh jg tuh jd tenar...
    tp sayang gk dicantumin sumber fotonya.

    BalasHapus